Saya Modalin
PERJANJIAN MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
Perjanjian Nomor :
Perjanjian Pinjaman ini (selanjutnya disebut “Perjanjian”) dibuat pada hari ini (----) bulan (----) tahun (----) oleh dan antara :
PT.Minitech Finance Indonesia dengan aplikasi yang disebut Saya Modalin, dalam hal ini diwakili oleh PT. Minitech Finance Indonesia, selanjutnya disebut “Pihak Pertama”
Nama (----), dengan nomor KTP number (----), selanjutnya disebut “Pihak Kedua”.
Pihak Kedua secara sah mengakui bahwa Pihak Kedua telah membaca dan memahami seluruh isi Perjanjian ini pada saat Pihak Kedua mengajukan permohonan pinjaman berdasarkan Perjanjian ini, dan Pihak Kedua telah memahami dan menyetujui seluruh ketentuan dalam Perjanjian ini. Jika Pihak Kedua tidak setuju dengan ketentuan dan/atau isi dalam Perjajian ini atau tidak dapat memahami isi Perjanjian ini, Pihak Kedua dimohon untuk tidak menyetujui Perjanjian ini.
Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara bersama-sama dalam Perjanjian ini disebut sebagai “Para Pihak” :

Pasal 1
Deklarasi dan Komitmen
Bahwa Para Pihak menerangkan hal-hal sebagai berikut :
a. Bahwa Pihak Pertama adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan pinjaman dana yang berbasis dari platform aplikasi Android atau Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (“selanjutnya disebut “Pemberi Pinjaman”). Dimana dalam menjalankan kegiatan usaha, Pemberi Pinjaman dilarang :
1) melakukan kegiatan usaha selain kegiatan usaha Penyelenggara yang diatur dalam peraturan OJK ini;
2) bertindak sebagai Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman;
3) memberikan jaminan dalam segala bentuknya atas pemenuhan kewajiban pihak lain;
4) menerbitkan surat utang;
5) memberikan rekomendasi kepada Pengguna;
6) mempublikasikan informasi yang fiktif dan/atau menyesatkan;
7) melakukan penawaran layanan kepada Pengguna dan/atau masyarakat melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan Pengguna; dan
8) mengenakan biaya apapun kepada Pengguna atas pengajuan pengaduan.
Dimana larangan tersebut berdasarkan Pasal 43 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
b. Bahwa Pihak Kedua adalah Pribadi yang menerima Pinjaman yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman (selanjutnya disebut “Peminjam”).
Berdasarkan pertimbangan tersebut di atas Para Pihak telah mencapai kata sepakat, dan dengan ini Para Pihak menyatakan saling mengikatakan diri dalam Perjanjian, dengan ketentuan dan
syarat-syarat sebagai berikut:

Pasal 2
Definisi
a. Peminjam adalah setiap calon penerima pinjaman atau calon nasabah, penerima pinjaman atau calon nasabah yang akan yang mengajukan pinjaman dan akan menggunakan aplikasi Saya Modalin .
b. Rekening Bank Peminjam adalah rekening bank tertentu yang ditunjuk oleh Peminjam untuk tujuan menerima pencairan Pinjaman dari Pemberi Pinjaman.
c. Data Peminjam adalah data dan informasi pribadi yang disampaikan oleh Peminjam pada Platform untuk diverifikasi oleh Perusahaan atas nama Pemberi Pinjaman.
d. ID Platform Peminjam adalah username dan/atau nomor registrasi Peminjam pada Platform yang melekat, mewakili dan terkait dengan Data Peminjam yang telah disampaikan dan terdaftar pada Platform.
e. Perusahaan adalah PT. Minitech Finance Indonesia.
f. Layanan Perusahaan adalah berarti layanan yang diberikan oleh Perusahaan kepada Peminjam sesuai dengan Certified Securities Analyst selanjutnya disebut CSA.
g. Certified Securities Analyst atau CSA adalah perjanjian layanan yang akan dilaksanakan antara Perusahaan dan Peminjam sehubungan dengan pemberian layanan perusahaan.
h. Utang Penuh adalah jumlah agregat dari jumlah pokok Pinjaman, bunga, termasuk di dalamnya biaya pemeliharaan, biaya resiko, biaya manajemen dan biaya transfer serta biaya lainnya yang terakumulasi.
i. Rekening Bank adalah rekening bank Perusahaan yang terpisah dengan rekening operasional yang ditetapkan untuk tujuan pencairan Pinjaman untuk Peminjam dan penerimaan pembayaran jumlah pokom dari Pinjaman, dan atau biaya atau jumlah terutang lain dar Peminjam kepada Pemberi Pinjaman maupun kepada Perusahaan.
j. Data Pemberi Pinjaman adalah informasi indentifikasi pribadi Pemberi Pinjaman yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman kepada Perusahaan dan/atau Platform.
k. ID Platform Pemberi Pinjaman adalah username dan/atau nomor registrasi Pemberi Pinjaman pada Platform yang melekat, mewakili dan terkait dengan Data Pemberi Pinjaman yang telah disampaikan dan terdaftar pada Platform.
l. Pinjaman adalah layanan pembiayaan dalam bentuk pinjaman melalui aplikasi Saya Modalin yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman ke Peminjam, yang hanya akan digunakan untuk keperluan pribadi, seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain.
m. Permohonan Pinjaman adalah permohonan yang diajukan secara elektronik oleh Peminjam melalui Platform untuk memperoleh Pinjaman, termasuk dokumen pendukung dan informasi yang diwajibkan oleh Platform.
n. Tanggal Pencairan Pinjaman adalah tanggal ketika Pemberi Pinjaman atau pihak ketiga atas nama Pemberi Pinjaman, termasuk Perusahaan, melakukan transfer Pinjaman melalui rekening BCA milik Saya Modalin ke Rekening Bank Peminjam.
o. Rincian Pembiayaan Pinjaman adalah syarat dan ketentuan material Pinjaman sebagaimana diatur dalam Rincian Pembiayaan Pinjaman yang terlampir.
p. Platform adalah platform pinjaman peer-to-peer berbasis internet yang dimiliki dan dioperasikan oleh Perusahaan, yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain yaitu bernama aplikasi “Saya Modalin”.
q. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan sebagaimana ditetapkan dalam bagian 8 dalam Perjanjian ini.
r. Wilayah Pemberi Pinjaman adalah Wilayah yang termasuk dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sudah termasuk dalam cakupan wilayah yang dapat mengajukan permohonan pinjaman ke Pemberi Pinjaman.

Pasal 3
Interpretasi/Penafsiran
Pelaksanaan Perjanjian ini memiliki interpretasi dan penafsiran agar para pihak dapat memahami penafsiran yang berlaku dalam Perjanjian ini:
a. Setiap data dan keterangan yang diberikan melalui aplikasi Saya Modalin merupakan bagian tak terpisahkan dari Perjanjian ini dan referensi kepada Perjanjian ini akan mencakup data dan keterangan yang diberikan melalui aplikasi Saya Modalin;
b. Referensi untuk Perjanjian ini atau dokumen lain adalah untuk Perjanjian berlaku untuk saat ini dan untuk selanjutnya selama si calon Penerima Pinjaman masih menggunakan aplikasi Saya Modalin;
c. Kata yang menggunakan jenis kelamin mencakup setiap jenis kelamin, referensi kepada bentuk tunggal mencakup bentuk jamak dan sebaliknya dan terhadap kata yang menunjukkan orang mencaku orang per orang dan atau individu, badan hukum, kemitraan, asosiasi tanpa badan hukum dan badan-badan lain (dalam setiap kasus, dimana pun berada dan untuk tujuan apa pun).
d. Judul dan isi tabel apabila ada dalam Perjanjian ini hanyalah untuk kemudahan dan tidak mempengaruhi interpretasi;
e. Jika terjadi konflik atau ketidaksesuaian antara klausul, dan setiap lampiran dalam Perjanjian ini maka klausul yang jelas-jelas diterangkan dalam Perjanjian ini yang akan berlaku.
f. Dalam Perjanjian ini kata-kata “lain”, “termasuk” dan khususnya tidak membatasi keumuman kata sebelumnya dan kata-kata yang mengikutinya tidak akan ditafsirkan sebagai terbatas pada lingkup untuk kelas yang sama seperti kata-kata sebelumnya dimana dimungkinkan susunan yang lebih luas.

Pasal 4
Hak dan Kewajiban Para Pihak
a. Hak Pemberi Pinjaman :
1) Pemberi Pinjaman akan memiliki hak untuk membebankan biaya antara lain biaya administrasi termasuk di dalamnya biaya pemeliharaan, biaya resiko, biaya manajemen dan biaya transfer serta biaya lainnya yang terakumulasi, terhadap Pinjaman sebagaimana dirinci dalam Rincian Pembiayaan Pinjaman dan Perusahaan akan berhak untuk membebankan biaya kepada Peminjam atas Layanan Perusahaan sesuai dengan CSA dan bahwa Peminjam harus membayar semua jumlah tersebut pada saat jatuh tempo berdasarkan Perjanjian ini dan berdasarkan CSA yang berlaku;
2) Persetujuan Permohonan Pinjaman akan sepenuhnya didasarkan pada evaluasi mutlak Pemberi Pinjaman dan tergantung pada pelaksanaan Peminjam terhadap dokumen hukum dan dokumen lainnya yang diperlukan sebagaimana diwajibkan oleh Pemberi Pinjaman;
3) Permohonan Pinjaman akan diproses sesuai dengan pemenuhan kriteria yang ditentukan oleh Pemberi Pinjaman sebagaimana dalam perjanjian ini dan verifikasi daripadanya oleh Perusahaan, dan hal dimaksud menjadi dasar bagi Perusahaan untuk mencairkan Pinjaman kepada Peminjam, atas nama Pemberi Pinjaman;
4) Permohonan Pinjamannya dapat ditolak oleh Pemberi Pinjaman tanpa adanya kewajiban bagi Pemberi Pinjaman, Perusahaan dan/atau Platform untuk mengungkapkan alasan penolakan tersebut. Peminjam tidak berhak untuk meminta peninjauan kembali, evaluasi ulang atau permintaan dalam bentuk lainnya untuk menilai kembali Permohonan Pinjaman yang ditolak. Dan apabila Permohonan Ditolak maka Data calon Penerima Pinjaman akan dihapus dari Data Base Pemberi Pinjaman.
b. Kewajiban Pemberi Pinjaman :
1) Mengelola dan memproses Permohonan Pinjaman dari Peminjam, termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan verifikasi dan/atau validasi data Peminjam yang terdapat dalam Permohonan Pinjaman atau yang diserahkan kepada Pemberi Pinjaman melalui Perusahaan atau Platform;
2) Mengawasi penagihan utang pada saat jatuh tempo serta biaya yang terkait dengan hal tersebut termasuk namun tidak terbatas pada penerbitan surat peringatan dan pesan teks ke, dan panggilan telepon ke Peminjamam;
3) Mencairkan Pinjaman ke Rekening Bank Peminjam dan menerima semua pembayaran dari Pinjaman yang sehubungan dengan Layanan Perusahaan di Rekening Bank atas nama Pemberi Pinjaman;
4) Tanda tangan elektronik Pemberi Pinjaman dalam Perjanjian ini adalah sah dan Perjanjian ini sah dan mengikat para pihak baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman, dan berlaku ketentuan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia;
5) Pemberi Pinjaman menandatangani Perjanjian ini dengan penuh tanggung jawab dan itikad baik dan tanpa ada niat untuk melakukan pelanggaran baik terhadap aturan perjanjian ini maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang, penghindaran pajak dan peraturan anti terorisme;
6) Pemberi Pinjaman menandatangani Perjanjian ini untuk dan atas nama PT. Minitech Finance Indonesia tanpa ada paksaan atau intimidasi dari pihak manapun dan mengetahui serta memahami isi dan konsekuensinya;
7) Pemberi Pinjaman setuju dan memahami bahwa Data Peminjam yang disampaikan kepada Perusahaan dan/atau Platform akan digunakan oleh Perusahaan untuk memproses Permohonan Pinjaman dan mengelola Pinjaman serta penagihan sehubungan dengan pemberian layanan Perusahaan kepada Pemberi Pinjaman.
c. Hak Peminjam :
1) Peminjam mendapatkan perlindungan kerahasiaan data pribadi dari Pemberi Pinjaman;
2) Bahwa data yang diberikan kepada Pemberi Pinjaman hanya dipergunakan untuk proses Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi;
3) Bahwa setelah disetujui oleh Pemberi Pinjaman maka Peminjam berhak mendapatkan pencairan dana ke dalam rekening Peminjam sesuai dengan yang telah diperjanjikan;
4) Bahwa apabila Pemberi Pinjaman melakukan penolakan terhadap pengajuan Peminjam, maka seluruh kerahasiaan data Peminjam akan dijamin oleh Pemberi Pinjaman.
5) Bahwa apabila Pemberi Pinjaman melakukan penolakan terhadap pengajuan Peminjam, maka atas permintaan calon Peminjam data pribadi calon peminjam, akan di hapus dari Database Pemberi Pinjaman.
d. Kewajiban Peminjam :
1) Seluruh data Peminjam dan semua informasi lain yang diberikan kepada Perusahaan dan/atau Platform merupakan data dan informasi yang lengkap dan benar dari Peminjam dan tidak mengandung informasi yang menyesatkan;
2) Peminjam setuju dan memahami bahwa Data Peminjam yang disampaikan kepada Perusahaan dan/atau Platform akan diungkapkan kepada Pemberi Pinjaman dan digunakan oleh Perusahaan dan Pemberi Pinjaman untuk Loan Review Permohonan Pinjaman dan oleh Perusahaan untuk keperluan penagihan apabila terjadi kredit macet serta sehubungan dengan pemberian layanan oleh Perusahaan kepada Pemberi Pinjaman dan Peminjam sesuai dengan CSA;
3) Peminjam akan bertanggung jawab secara hukum untuk setiap pemalsuan, dan penggunaan yang tidak sah dari Data Peminjan yang diberikan oleh atau atas nama Peminjam kepada Perusahaan atau Platform;
4) Peminjam menyetujui dan akan melaksanakan Perjanjian ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan itikad baik dan tanpa ada niat untuk melakukan pelanggaran baik terhadap aturan dalam perjanjian ini maupun peraturan undang-undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang, penghindaran pajak dan peraturan anti terorisme;
5) Peminjam menandatangani Perjanjian ini untuk dan atas namanya sendiri secara bebas dan atas keinginannya sendiri tanpa ada paksaan atau intimidasi dari pihak manapun dan mengetahui serta memahami isi dan konsekuensi daripadanya;
6) Tanda tangan elektronik Pemberi Pinjaman dalam Perjanjian ini adalah sah dan Perjanjian ini sah dan mengikat para pihak baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman, dan berlaku ketentuan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia;
7) Peminjam setuju dan mengakui bahwa setelah menerima Pinjaman, Peminjam akan berhutang kepada Pemberi Pinjaman atas sejumlah dana yang dicairkan ke Rekening Bank miik Peminjam sesuai dengan Perjanjian ini.
8) Hasil dari Pinjaman akan digunakan semata-mata untuk keperluan pribadi, bukan untuk tujuan komersial atau bisnis dalam bentuk apapun;
9) Peminjam wajib membayar utang sesuai dengan Rincian Pembiayaan Pinjaman dan harus membayar jumlah utang penuh pada saat jatuh tempo berdasarkan perjanjian ini dan tanpa adanya penundaan ke Rekening Bank sebagaimana yang tercantum dalam rincian pembiayaan pinjaman.

Pasal 5
Jumlah Pinjaman
Jumlah pinjaman yang diberikan adalah jumlah pinjaman yang diajukan oleh Peminjam kepada Pemberi Pinjaman, di setujui oleh Pemberi Pinjaman dan telah di transfer kepada rekening bank Peminjam sebesar Rp…………..

Pasal 6
Syarat dan Ketentuan
a. Penjelasan Uang Jaminan
1) Biaya Uang Jaminan: Sebelum meminjam, Platform akan mengenakan biaya Rp………….. sebagai uang jaminan.
2) Tujuan Uang Jaminan: Digunakan untuk menjamin pembayaran kembali dari peminjam;
3) Pengembalian Uang Jaminan: Uang Jaminan hanya untuk menjamin peminjam membayar pinjamannya tepat waktu, ketika peminjam membayar pinjamannya tepat waktu maka uang jaminan bisa ditarik kapan saja dan platform tidak akan mengurangi uang jaminan tersebut.
b. Terhadap Permohonan Pinjaman, ditetapkan dalam Rincian Pembiayaan Pinjaman yang meliputi ketentuan dan syarat sebagai berikut:
1) Jumlah pinjaman dinyatakan dalam Rupiah;
2) Tenor Pinjaman akan dinyatakan dalam hari kalender;
3) Transfer pinjaman harus dilakukan dengan cara Pemberi Pinjaman mentransfer uang dari BCA ke rekening bank milik Peminjam;
4) Peminjam akan dianggap telah mengkonfirmasi persetujuannya atas syarat Pinjaman sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini dan rincian pembiayaan pinjaman.
c. Terhadap Pelunasan Pinjaman:
1) Pelunasan Pinjaman sebelum jatuh tempo diperbolehkan seusai dengan sisa jumlah pinjaman ditambah bunga sesuai kesepakan yang sudah ada dalam perjanjian pada saat pengajuan pinjaman;
2) Pengembalian sebagian dari total jumlah pinjaman diperbolehkan, namun jika sisa jumlahnya melewati jatuh tempo maka akan dikenakan denda sebagaimana diatur dalam bagian 8 poin (3) huruf c;
3) Peminjaman akan kena biaya administrasi dan bunga 0.8% (nol koma delapan persen) perhari, dengan rincian bunga sebagai berikut :
a) Bunga : 0.8% / hari
b) Perhitungan Denda :
(1) Keterlambatan 1-3 hari : 7% dana pokok + 1% x jumlah hari keterlambatan;
(2) Keterlambatan 4-7 hari : 10% dana pokok + 1% x jumlah hari keterlambatan;
(3) Keterlambatan 8-14 hari : 20% dana pokok + 1% x jumlah hari keterlambatan;
(4) Keterlambatan 15-21 hari : 30% dana pokok + 1% x jumlah hari keterlambatan;
(5) Keterlambatan 22-29 hari : 51% dana pokok + 1% x jumlah hari keterlambatan.
4) Dalam terjadi penundaan pembayaran kewajiban, total bunga dan denda yang ditagihkan kepada Peminjam adalah maksimal 100% (seratus persen) dari nilai pinjaman;
5) Apabila peminjam telah melakukan pengembalian sebagian maka dendanya akan dikenakan ke jumlah pinjaman pokok atau jumlah hutang penuh yang dikurangkan pembayaran sebagian dan kemudian dikalikan dengan hari keterlambatan dan denda;
6) Pembiayaan sebagian dari biaya keterlambatan tidak diperbolehkan;
7) Pelunasan akan dianggap lengkap bila dana yang dilunasi telah masuk dalam Rekening Bank BCA yang tercantum dalam Rincian Pembiayaan Pinjaman Perjanjian ini;

Pasal 7
Perlindungan Data Peminjam
a. Peminjam dengan ini memberikan kuasa dan kewenangan penuh kepada Pemberi Pinjaman dan perwakilan resminya dan atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh Pemberi Pinjaman termasuk Perusahaan dan Platform untuk mengakses data yang melekat secara langsung setiap saat tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Peminjam
b. Data peminjam yang tidak melekat secara langsung seperti daftar kontak, berkas gambar dan data pribadi lainnya merupakan data pribadi yang akan dijaga kerahasiaannya oleh Pemberi Pinjaman.

Pasal 8
Persetujuan Pembayaran
a. Peminjam dengan ini setuju bahwa Peminjam benar-benar dan secara sah berhutang kepada Pemberi Pinjaman atas Hutang Jumlah Penuh setelah menerimanya dan setuju untuk membayar Hutang Jumlah Penuh pada saat jatuh tempo sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini dan Rincian Pembiayaan Pinjaman tanpa tuntutan balik, atau pengurangan pembayaran yang telah diperjanjikan dalam bentuk apapun.
b. Pemberi Pinjaman dalam Perjanjian ini mengutamakan penagihan pembayaran pada:
1) Untuk setiap jumlah pinjaman yang telah jatuh tempo dan terutang kepada Pemberi Pinjaman berdasarkan Perjanjiani;
2) Untuk setiap biaya yang kemudian jatuh tempo dan terutang;
3) Untuk setiap cidera janji yang masih harus dibayar atau biaya keterlambatan yang kemudian jatuh tempo dan terutang;
4) Untuk biaya yang kemudian jatuh tempo dan terutang;
5) Untuk pokok pinjaman yang kemudian jatuh tempo dan terutang.
c. Pemberi Pinjaman, akan membuka dan memelihara buku catatan yang menunjukkan Pinjaman, pelunasan, pra pembayaran, perhitungan dan pembayaran biaya dan jumlah lain yang harus dibayarkan dan jumlah yang telah dibayarkan berdasarkan Perjanjian ini. Buku dan catatan tersebut harus bersifat final dan mengikat Peminjam terkait jumlah yang setiap saat terutang dari Peminjam.
d. Dalam hal terjadi kredit macet, upaya penagihan dapat dilakukan maksimal selama 90 (Sembilan Puluh Hari) hari, setelah 90 (Sembilan Puluh Hari), pinjaman dikeluarkan dari catatan Penyelenggara dan menjadi tanggung jawab Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman.

Pasal 9
Wanprestasi
Peminjam akan dianggap cidera janji jika terjadi salah satu peristiwa berikut:
a. Peminjam gagal untuk membayar jumlah saat jatuh tempo berdasarkan Perjanjian ini (tanggal jatuh tempo mana harus memperhitungkan hak perpanjangan Peminjam berdasarkan Perjanjian ini) atau gagal untuk memenuhi salah satu lebih kewajiban-kewajiban lainnya sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini;
b. Peminjam telah dinyatakan bangkrut berdasarkan keputusan pengadilan yang berwenang sehingga tidak mampu membayar dan melunasi hutangnya;
c. Peminjam terbukti bersalah oleh keputusan pengadilan yang bersifat final dan mengikat dari yurisdiksi manapun atau terkait dengan kegiatan kriminal termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang dan/atau kegiatan terorisme sehingga tidak mampu membayar dan melunasi hutangnya;
d. Peminjam telah mengajukan data yang dipalsukan, salah dan/atau misrepresentasi sebagai Data Peminjam. Setelah terjadinya cidera janji, Pemberi Pinjaman kemudian berhak untuk mempercepat dan menuntut pembayaran semua jumlah terutang berdasarkan Perjanjian ini, segera dan secara penuh, termasuk, namun tidak terbatas pada, jumlah saldo pokok beserta biaya keterlambatan pembayaran dan setiap biaya lainnya. Selain itu, Pemberi Pinjaman akan berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini dan melaksanakan setiap dan semua hak lainnya dan upaya perbaikan yang sah atas terjadinya cidera janji.
e. Pemutusan Perjajian ini tidak akan mempengaruhi hak dari salah satu Pihak yang timbul sebelum pemutusan berdasarkan Perjanjian ini.
f. Para pihak dengan ini menyatakan sepakat mengesampingkan keberlakuan dalam ketentuan Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-undang Hukum Perdata terhadap Perjanjian ini.

Pasal 10
Penyelesaian Sengketa
a. Apabila di kemudian hari terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari Perjanjian, Para pihak sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat;
b. Bilamana musyawara tersebut sebagaimana poin (1) ini tidak menghasilkan mufakat, maka para pihak sepakat untuk menyerahkan semua sengketa yang timbul dari Perjanjian ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia;
c. Perjanjian ini tunduk dan diatur sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasal 11
Lain-Lain
Perjanjian ini hanya dapat diubah atas persetujuan Pemberi Pinjaman dan Peminjam dengan menandatangani amandemen tertulis, tanda tangan dalam hal ini dapat dalam bentuk elektronik, dan sebelumnya telah di daftarkan dan di rekam oleh Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
a. Peminjam harus memberitahukan kepada Pemberi Pinjaman secara tertulis setiap terjadi perubahan terhadap Data Peminjam, termasuk, namun tidak terbatas pada, setiap perubahan terhadap alamat tempat tinggal Peminjam.
b. Akan diadakan addendum terpisah yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan perjanjian ini, yaitu :
1) Apabila Pemberi Pinjaman akan mengalihkan atau mentransfer semua atau sebagian hak dan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini kepada pihak ketiga.
2) Apabila Peminjam akan mengalihkan atau melimpahkan sebagian hak atau kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini kepada pihak ketiga.
c. Perjanjian dibuat dan disepakati oleh para pihak melalui tanda tangan elektronik atau fisik sebagaimana dibuktikan dengan Pemberian ID Platform kepada masing-masing pihak.
d. Perjanjian ini dapat dilaksanakan dengan salinan terpisah yang ditandatangani secara elektronik

atau fisik, yang mana masing-masing salinan tersebut ketika dilaksanakan dan disampaikan akan dianggap asli, dan semua secara bersamaan merupakan satu dan instrumen yang sama serta perjanjian ini memiliki kekuatan hukum yang mengikat.


Peminjam,
Pemberi Pinjaman,
PT. Minitech Finance Indonesia


(             )
(Zhao Ning)
Direktur Utama